Jumat, 20 Maret 2009

Kelinci adalah hewan yang rapi

Salah satu hewan yang memiliki sifat rapi adalah kelinci. Sesuai instingnya, mereka selalu membersihkan diri maupun kandang (rumah) mereka. Hal ini terlihat dari perilakunya yang suka membersihkan rambutnya (muka, kaki dan tubuh), misalnya pada saat santai atau selesai makan.

Selain itu, mereka memiliki tempat khusus untuk buang hajat. Biasanya di salah satu pojok kandang (Ini bisa juga dilatih lho...banyak buku, artikel dan blog tentang kelinci yang sudah memberikan tips melatih kelinci untuk buang kotoran di tempat tertentu yang kita inginkan).

Tidak cukup sampai di situ. Kelinci memiliki proses pencernaan yang kurang sempurna sehingga sering kita jumpai mereka memakan kembali kotorannya sendiri. Biasanya ini dilakukan di pagi hari. Perilaku ini secara tidak langsung juga menguntungkan bagi pemilik kelinci. Secara otomatis, terkadang interior kandang bisa tetap bersih dengan sendirinya. Sisa-sisa hijauan yang tidak termakan dan kotoran akan jatuh melalui celah lantai kandang, sedangkan yang masih menempel di kandang terkadang mereka jilati sampai bersih. So, betapa senangnya memelihara kelinci. Sudah imut, rapi, menggemaskan dan menyenangkan apabila kita amati perilakunya. Salam untuk semua pecinta kelinci. Semoga perkelincian di Indonesia semakin maju!!!

Tidak ada komentar: