Jumat, 16 Januari 2009

Land Hermit Crab alias Kelomang (1)


Siapa yang tak kenal hewan imut yang satu ini. Biasanya dapat dijumpai oleh anak-anak SD sedang di pajang untuk dijual depan sekolahnya. Yup, hampir semua anak-anak pernah membelinya. Ada yang bisa bertahan hidup....ada juga yang menemui ajal dalam jangka beberapa jam ataupun hari karena ketidaktahuan cara memelihara.

Memelihara kelomang merupakan hobi yang gampang-gampang susah. Saya masih ingat benar dulu saat membeli kelomang pertama kali. Saat itu kelomang saya pelihara dalam mangkuk plastik berdiameter 25 cm. setiap hari kelomang kesayangan tersebut saya beri sisa sayuran dari dapur. Walhasil, kelomang saya hanya bertahan sekitar satu minggu.

Saat ini nostalgia hewan kesayangan waktu kecil dulu kembali menyeruak. Setelah kenal dengan Pak Felix (lewat milist Happycrabbie) saya menjadi lebih paham tentang seluk beluk perkelomangan. Yah, paling tidak syarat minimal memeliharanya sudah dipegang yaitu: ada pasir, air, garam mineral, makanan, dan cangkang cadangan. Dengan bekal tersebut ternyata kelomang yang berstatus sebagai hewan kesayangan saya dapat bertahan sampai saat ini.

Tidak ada komentar: